Bertambah Usia kok Dirayakan
Oleh: A. Mustofa Bisri
Kawan, Sudah tahun baru lagi
Belum juga tibakah saatnya kita menunduk
memandang diri sendiri
Bercermin firman Tuhan
Sebelum kita dihisab-Nya
(A. Mustofa Bisri, Antologi Puisi Tadarus)
Tahun ini, Tahun Baru Hijriah hampir bersamaan dengan Tahun Baru Masehi. Biasanya, Tahun Baru Masehi disambut dengan hiruk-pikuk luar biasa. Sementara Tahun Baru Hijriah yang sering diidentikkan dengan tahun Islam, tidak demikian. Tidak ada trek-trekan sepeda motor di jalanan. Tidak ada terompet. Tidak ada panggung-panggung hiburan di alun-alun.
Yang ada di sebagian masjid, kaum muslimin berkumpul berjamaah salat Asar - meski biasanya tidak - lalu bersama-sama berdoa akhir tahun; memohon agar dosa-dosa di tahun yang hendak ditinggalkan diampuni oleh Allah dan amal-amal diterima oleh-Nya. Kemudian, menunggu salat Magrib - biasanya tidak - dan salat berjamaah lalu bersama-sama berdoa awal tahun. Memohon kepada Allah agar di tahun baru dibantu melawan setan dan antek-anteknya, ditolong menundukkan hawa nafsu, dan dimudahkan untuk melakukan amal-amal yang lebih mendekatkan kepada Allah.
Memang agak aneh, paling tidak menurut saya, jika tahun baru disambut dengan kegembiraan. Bukankah tahun baru berarti bertambahnya umur? Kecuali bila selama ini umur memang digunakan dengan baik dan efisien. Kita tahu umur digunakan secara baik dan efisien atau tidak, tentu saja, bila kita selalu melakukan muhasabah atau evaluasi. Minimal setahun sekali. Jika tidak, insya Allah kita hanya akan mengulang-ulang apa yang sudah; atau bahkan lebih buruk daripada yang sudah. Padahal ada dawuh: "Barangsiapa yang hari-harinya sama, dialah orang yang merugi; barangsiapa yang hari ini-nya lebih buruk daripada kemarin-nya, celakalah orang itu."
Bila kita amati kehidupan kaum muslimin di negeri kita ini sampai dengan pengujung 1428, boleh jadi, kita bingung mengatakannya. Apakah kehidupan kaum muslimin -yang merupakan mayoritas ini- selama ini menggembirakan atau menyedihkan. Soalnya, dari satu sisi, kehidupan keberagamaan terlihat begitu hebat di negeri ini.
Kitab suci Alquran tidak hanya dibaca di masjid, di musala, atau di rumah-rumah pada saat senggang, tapi juga dilomba-lagukan dalam MTQ-MTQ. Bahkan, pada bulan Ramadan diteriakkan oleh pengeras suara-pengeras suara tanpa pandang waktu. Lafal-lafalnya ditulis indah-indah dalam lukisan kaligrafi. Malah dibuatkan museum agar mereka yang sempat dapat melihat berbagai versi kitab suci itu dari yang produk kuno hingga yang modern; dari yang berbentuk mini hingga raksasa.
Akan halnya nilai-nilai dan ajarannya, juga sesekali dijadikan bahan khotbah dan ceramah para ustad. Didiskusikan di seminar-seminar dan halaqah-halaqah. Bahkan, sering dicuplik oleh beberapa politisi muslim pada saat kampanye atau rapat-rapat partai.
Secara 'ritual' kehidupan beragama di negeri ini memang dahsyat. Lihatlah. Hampir tidak ada tempat ibadah yang jelek dan tak megah. Dan orang masih terus membangun dan membangun masjid-masjid secara gila-gilaan. Bahkan, di Jakarta ada yang membangun masjid berkubah emas. Saya tidak tahu apa niat mereka yang sesungguhnya membangun rumah-rumah Tuhan sedemikian megah. Tentu bukan untuk menakut-nakuti hamba-hamba Tuhan yang miskin di sekitar rumah-rumah Tuhan itu.
Tapi bila Anda bertanya kepada mereka, insya Allah mereka akan menjawab, "Agar dibangunkan Allah istana di surga kelak". Mungkin dalam pikiran mereka, semakin indah dan besar masjid yang dibangun, akan semakin besar dan indah istana mereka di surga kelak.
(Terus terang bila teringat fungsi masjid dan kenyataan sepinya kebanyakan masjid-masjid itu dari jamaah yang salat bersama dan beri’tikaf, timbul su’uzhzhan saya: jangan-jangan mereka bermaksud menyogok Tuhan agar kelakuan mereka tidak dihisab).
Tidak ada musala, apalagi masjid, yang tidak memiliki pengeras suara yang dipasang menghadap ke empat penjuru mata angin untuk melantunkan tidak hanya azan. Bahkan, ada yang sengaja membangun menara dengan biaya jutaan hanya untuk memasang corong-corong pengeras suara.
Azan pun yang semula mempunyai fungsi memberitahukan datangnya waktu salat, sudah berubah fungsi menjadi keharusan "syiar" sebagai manifestasi fastabiqul khairaat; sehingga sering merepotkan mereka yang ingin melaksanakan anjuran Rasulullah SAW: untuk menyahuti azan.
Jamaah zikir, istighatsah, mujahadah, dan muhasabah menjamur di desa-desa dan kota-kota. Terutama di bulan Ramadan, tv-tv penuh dengan tayangan program-program "keagamaan". Artis-artis berbaur dan bersaing dengan para ustad memberikan "siraman rohani" dan zikir bersama yang menghibur.
Jumlah orang yang naik haji setiap tahun meningkat, hingga di samping ketetapan kuota, Departemen Agama perlu mengeluarkan peraturan pembatasan. Setiap hari orang berumrah menyaingi mereka yang berpiknik ke negara-negara lain.
Jilbab dan sorban yang dulu ditertawakan, kini menjadi pakaian yang membanggakan. Kalimat thoyyibah, seperti Allahu Akbar dan Subhanallah tidak hanya diwirid-bisikkan di masjid-masjid dan musala-musala, tapi juga diteriak-gemakan di jalan-jalan.
Label-label Islam tidak hanya terpasang di papan-papan sekolahan dan rumah sakit; tidak hanya di AD/ART-AD/ART organisasi sosial dan politik; tidak hanya di kaca-kaca mobil dan kaus-kaus oblong; tapi juga di lagu-lagu pop dan puisi-puisi.
Pemerintah Pancasila juga dengan serius ikut aktif mengatur pelaksanaan haji, penentuan awal Ramadan dan ’Id. MUI-nya mengeluarkan label halal (mengapa tidak label haram yang jumlahnya lebih sedikit?) demi menyelamatkan perut kaum muslimin dari kemasukan makanan haram.
Pejuang-pejuang Islam dengan semangat jihad fii sabiilillah mengawasi dan kalau perlu menindak - atas nama amar ma’ruuf dan nahi ’anil munkar - mereka yang dianggap melakukan kemungkaran dan melanggar peraturan Tuhan. Tidak cukup dengan fatwa-fatwa MUI, daerah-daerah terutama yang mayoritas penduduknya beragama Islam pun berlomba-lomba membuat perda syariat.
Semangat keagamaan dan kegiatan keberagamaan kaum muslimin di negeri ini memang luar biasa. Begitu luar biasanya hingga daratan, lautan, dan udara di negeri ini seolah-olah hanya milik kaum muslimin. Takbir menggema di mana-mana, siang dan malam.
Meski namanya negara Pancasila dengan penduduk majemuk, berbagai agama diakui, namun banyak kaum muslimin - terutama di daerah-daerah yang mayoritas penduduknya beragama Islam - seperti merasa paling memiliki negara ini.
Barangkali karena itulah, banyak yang menyebut bangsa negeri ini sebagai bangsa religius.
Namun, marilah kita tengok sisi lain untuk melihat kenyataan yang ironis dalam kehidupan bangsa yang religius ini. Semudah melihat maraknya kehidupan ritual keagamaan yang sudah disinggung tadi, dengan mudah pula kita bisa melihat banyak ajaran dan nilai-nilai mulia agama yang seolah-olah benda-benda asing yang tak begitu dikenal.
Tengoklah. Kebohongan dan kemunafikan sedemikian dominannya hingga membuat orang-orang yang masih jujur kesepian dan rendah diri.
Rasa malu yang menjadi ciri utama pemimpin agung Muhammad SAW dan para sahabatnya tergusur dari kehidupan oleh kepentingan-kepentingan terselubung dan ketamakan.
Disiplin yang dididikkan agama seperti azan pada waktunya, salat pada watunya, haji pada waktunya, dsb. tidak sanggup mengubah perangai ngawur dan melecehkan waktu dalam kehidupan kaum beragama.
Plakat-plakat bertulisan "An-nazhaafatu minal iimaan" dengan terjemahan jelas "Kebersihan adalah bagian dari iman", diejek oleh kekumuhan, tumpukan sampah, dan kekotoran hati di mana-mana.
Kesungguhan yang diajarkan Quran dan dicontohkan Nabi tak mampu memengaruhi tabiat malas dan suka mengambil jalan pintas.
Di atas, korupsi merajalela (Bahkan mantan presiden 32 tahun negeri ini dikabarkan menyandang gelar pencuri harta rakyat terbesar di dunia). Sementara di bawah, maling dan copet merebak.
Jumlah orang miskin dan pengangguran seolah-olah berlomba dengan jumlah koruptor dan mereka yang naik haji setiap tahun.
Nasib hukum juga tidak kalah mengenaskan. Tak perlulah kita capek terus bicara soal mafia peradilan dan banyaknya vonis hukum yang melukai sanubari publik untuk membuktikan buruknya kondisi penegakan hukum negeri ini. Cukuplah satu berita ini: KPK baru-baru ini menangkap Koordinator Bidang Pengawasan Kehormatan Keluhuran Martabat dan Perilaku Hakim Komisi Yudisial saat menerima suap. Selamat Tahun Baru 1429
Sumber: Jawa Pos, Kamis, 10 Jan 2008
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda