Suramadu Rugikan Ekonomi Warga Madura

Pakar teknik kelautan ITS Surabaya Prof Daniel M Rosyid PhD menilai Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) merugikan masyarakat Madura, karena menggunakan paradigma pulau besar (daratan).

"Secara ekonomi, masyarakat Madura dirugikan dengan adanya jembatan itu, karena infrastruktur Madura tidak disiapkan," kata guru besar ke-94 ITS Surabaya di Surabaya, Jawa Timur, Senin (27/9).

Menjelang pengukuhan dirinya pada 12 Oktober mendatang, guru besar riset operasi dan optimasi FTK ITS itu menyatakan adanya jembatan terlebih dulu daripada infrastruktur di Madura juga mengundang orang luar.

"Kalau orang luar Madura yang masuk, maka aset yang ada di Madura akan dimiliki orang luar Madura, karena mereka yang membangun, sedangkan orang Madura akan dirugikan dengan hanya menjadi penonton," katanya.

Menurut dia, keinginan pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat Madura dengan membangun Jembatan Suramadu akan sia-sia bila orang luar Madura yang menguasai aset yang ada di Madura.

"Dengan membangun jembatan bukannya menguntungkan orang Madura, karena orang Madura tidak disiapkan dengan infrastruktur terlebih dulu. Saya kira hal itu terjadi karena paradigma pulau besar (daratan)," katanya.

Padahal, katanya, untuk membangun Madura itu seharusnya dengan paradigma kepulauan (kelautan), karena itu bukan membangun jembatan, namun membangun moda transportasi laut yakni feri.

"Kapal feri itu lebih fleksibel, karena jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau kebutuhannya besar ya tinggak ditambahkan, tapi kalau jembatan akan kaku, sebab padat modal dengan spekulasi cukup besar," katanya.

Oleh karena itu, katanya, Jembatan Suramadu adalah kebijakan yang salah, karena membangun Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan menggunakan paradigma pulau besar (daratan).

Bukti lain, katanya, paradigma pulau besar membuat kosentrasi pembangunan di Jawa, sehingga sayur, buah, bahan bangunan, dan semuanya "dilempar" dari Jawa ke luar Jawa.

"Hal itu membuat barang-barang di luar Jawa menjadi mahal harganya, karena semuanya dari Jawa, sehingga kemiskinan terjadi di luar Jawa, termasuk di Madura. Kemiskinan terparah hingga 20 persen terjadi di Madura, NTB, NTT, Maluku," katanya.

Daniel dikukuhkan bersama Prof Dr M Isa Irawan MT (Matematika/MIPA) dan Prof Ir Muktasor MEng PhD (Teknik Kelautan FTK) pada 12 Oktober mendatang. Sebelumnya, Prof Dr Ketut Buda Artana ST MSc (Teknik Sistem Perkapalan FTK) dan Prof Dr Ir Joko Lianto Buliali MSc (Jurusan Teknik Informatika/FTIf) dikukuhkan pada 4 Oktober.

Guru besar lainnya, Prof Ir Mukhtasor MEng PhD menyoroti tentang pencemaran laut, di antaranya lumpur Lapindo di kawasan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, sedangkan Prof Isa Irawan MT (Matematika/MIPA) menyoroti ilmu "Biologically Inspired Computing."

Sementara itu, Prof Ketut Buda Artana menyoroti catatan tentang data-data operasi kapal untuk menelusuri kegagalan yang pernah terjadi, sehingga dapat diprediksi agar kegagalan tidak terulang, sedangkan Prof Joko Lianto Buliali yang menyoroti simulasi komputer untuk pengambilan keputusan. (Jembatan Suramadu---ANTARA/Bhakti Pundhowo/ip)(Ant/OL-2)

Sumber: Media Indonesia, Selasa, 28 September 2010

Label: , ,

2 Komentar:

Pada 5 Maret 2014 15.37 , Anonymous Pemilihan Caleg DPRD Kalbar 2014 Satu Kursi Untuk Seniman mengatakan...

Dwi Agus Prianto SE atau lebih dikenal dengan sapaan akrabnya Dwi Bebek adalah salah satu seniman terbaik yang ada dikalimantan barat, lewat kendaraan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), bang wi mencalonkan diri dalam Pemilihan Caleg DPRD Kalbar 2014 Satu Kursi Untuk Seniman .


Adalah tidak berlebihan jika masyarakat kalimantan barat memberikan suara mereka pada Pemilihan Caleg DPRD Kalbar 2014 Satu Kursi Untuk Seniman kepada Bang Wi, mengingat masih minimnya caleg yang berasal dari kalangan seni dan budaya yang bertarung di Pemilu 2014, jejak langkah bang wi di dunia seni bukanlah sedikit, banyak hasil karya yang dihasilkan bang wi selama karirnya di dunia seni dan budaya kalimantan barat.

 
Pada 11 Juli 2016 09.50 , Blogger 柯云 mengatakan...

2016-07-11keyun
celine handbags
asics shoes for women
michael kors outlet
abercrombie and fitch
giuseppe zanotti sneakers
louis vuitton outlet
cheap ray ban sunglasses
cheap air jordans
longchamp le pliage
rolex watches
air max 95
nike running shoes for men
coach factory outlet
louis vuitton outlet
louis vuitton purses
louis vuitton outlet online
christian louboutin sale
michael kors handbags
michael kors outlet clearance
michael kors handbags
coach outlet
nfl jerseys wholesale
tory burch shoes
true religion jeans
louis vuitton outlet
cheap rolex watches
christian louboutin shoes
adidas nmd
mont blanc pen
timberlands
louis vuitton
michael kors outlet online
discount jordans
ray bans
nike air max uk
michael kors outlet
nike roshe run
air max 95
christian louboutin shoes

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda