Tertantang Saingi Ketenaran Golden Gate

Suramadu, Ikon Kemajuan Konstruksi Jembatan Indonesia

Bukan hanya masyarakat Jawa Timur yang bangga jika Jembatan Suramadu beroperasi sesuai jadwal. Dengan panjang 5.438 meter, Suramadu akan menjadi kebanggaan Indonesia karena masuk daftar jembatan terpanjang di dunia.

Beroperasinya jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura itu akan mengantarkan Indonesia dalam kelompok negara yang memiliki jembatan monumental dengan panjang lebih dari 5 kilometer.

Mengutip daftar di Wikipedia, tidak sampai 50 negara di dunia yang memiliki jembatan di atas perairan dengan bentangan lebih dari 5 km. Bahkan, dalam daftar sepuluh teratas, hanya dua negara yang dominan, yaitu Tiongkok dan Amerika Serikat. Tiongkok memiliki enam di antara sepuluh jembatan terpanjang di dunia. Sedangkan Amerika Serikat memiliki tiga jembatan terpanjang.

Di puncak daftar, ada Jembatan Teluk Hangzhou Tiongkok yang panjangnya hampir 40 km. Jembatan yang beroperasi 5 Juni 2008 itu menghubungkan Jiaxing, yang berada di dekat Shanghai, dengan kota industri Ningbo di Provinsi Zhejiang. Jembatan itu bisa memotong jarak antara kedua tempat tersebut yang jika lewat jalan darat harus memutar 120 kilometer.

Lake Pontchartrain Causeway yang melintasi Danau Pontchartrain di bagian barat Lousiana, AS, menduduki peringkat kedua dengan panjang total 38,42 km. Jembatan dengan desain model terbelah di tengah itu memungkinkan kapal lewat dengan cara mengangkat kedua bagian tengah jembatan ke atas. Jembatan tersebut menjadi penopang delapan jalur kendaraan di atasnya.

Tiongkok kembali mendapat tempat dengan adanya Yangcun Bridge. Sebagai jembatan kereta api, Yangcun Bridge menghubungkan Beijing dengan Tianjin. Membentang 35, 8 km. Sistem railway modern itu mampu menghemat waktu perjalanan dari Beijing ke Tianjin yang berjarak 120 km dari semula 70 menit menjadi 30 menit saja.

Jembatan Suramadu yang akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia memang kalah jauh jika dibandingkan dengan jembatan-jembatan raksasa itu. Namun, Indonesia tetap patut bangga karena kini bisa menyaingi jembatan legendaris dunia seperti Golden Gate di San Francisco, AS, dan London Bridge di Inggris.

Panjang Golden Gate yang berkali-kali 'dihancurkan' dalam film tentang akhir zaman Hollywood itu hanya 2.737 meter atau hampir separo panjang Suramadu. Sedangkan London Bridge yang melintang di Sungai Thames bahkan lebih imut lagi jika dibandingkan dengan Suramadu. Panjang London Bridge hanya 262 meter atau hanya 5 persen dari panjang Suramadu.

Keunggulan fisik bangunan ini menjadi tantangan, apakah Suramadu akan mampu setenar Golden Gate dan London Bridge. Para insinyur sudah menyelesaikan tugasnya, kini saatnya pemerintah mengelola fungsinya sehingga menghasilkan citra sementereng Golden Gate dan London Bridge. (dia/kim)

Sumber: Jawa Pos, Selasa, 30 Desember 2008

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda