Gelar Investasi Pamekasan 2009 (1)

Jangan Hanya di Atas Kertas, Harus Berkelanjutan

Upaya Pemkab Pamekasan mengembangkan potensi daerah melalui Gelar Investasi Pamekasan 2009 disambut beragam. Umumnya, publik menilai langkah tersebut sebagai terobosan bagus. Sehingga, diharapkan kegiatannya tidak berhenti setelah gawe usai.

PUBLIK seperti terhentak dengan Gelar Investasi Pamekasan 2009. Betapa tidak. Dengan keterbatasan potensi, pemerintah kabupaten bertekad untuk berspekulasi dengan investor.

Wajar saja, ketika publik ikut bersuara terkait gelar investasi tersebut. Sebab, mereka hakekatnya berharap agar acara besar itu tidak berhenti sampai setelah tatanan acara selesai. Selebihnya, ada PR yang harus diselesaikan bersama.

Ketua LP2M (Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat) Heru Budhi Prayitno mengatakan, gelar investasi merupakan terobosan tersendiri. Karenanya, Heru menganggap perlu untuk merespons dan pada level tertentu mendukung agar berlanjut pada terciptanya iklim investasi.

"Saya kira kita harus apresiatif. Namun, kita harus akui memang masih banyak kelemahan dalam pembangunan," katanya.

Selama ini, ungkap Heru, keberhasilan pembangunan cenderung hanya diukur di atas kertas. Selebihnya, diukur dengan keberhasilan mendapatkan penghargaan tertentu. "Padahal, seyogyanya keberhasilan pembangunan itu benar - benar dirasakan masyarakat," paparnya.

Keberhasilan bidang pertanian misalnya, yang berujung penghargaan dari pemerintah pusat. Menurut Heru, keberhasilan tersebut tidak boleh hanya di atas kertas. Sedangkan di tingkat teknis sulit diwujudkan.

"Katanya, kita berhasil karena produksi beras meningkat. Tapi, kenyataannya masih selalu kekurangan beras dan bergantung dengan beras Jawa," tandasnya.

Untuk itulah, perlu tindaklanjut pascagelar investasi. Sehingga, acara tidak boleh hanya berhenti di Hotel Bumi Hyatt Surabaya, tempat berlangsungnya kegiatan. Sebab, aneka potensi daerah yang dipresentasikan harus betul - betul "siap jual".

Bupati Pamekasan Kholilurrahman yang dikonfirmasi melalui Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Fadjar Sentosa mengatakan, berbagai program memang disiapkan untuk mendukung Gelar Investasi 2009. Sehingga, kata Fadjar, kegiatannya dipastikan tidak hanya berhenti sampai selesainya acara saja.

"Pemkab berkomitmen untuk betul - betul menarik minat investor untuk berinvestasi di Pamekasan. Dan, hal itu harus dijawab dengan meningkatkan pengelolaan potensi daerah agar layak jual," katanya. (AKHMADI YASID) (bersambung)

Sumber: Jawa Pos, 27/01/2009

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda