Optimalisasi dan Singkronisasi Potensi Tiga Kawasan

Dalam menjalankan program organisasi lima tahun ke depan Kadin Pamekasan akan berpijak pada dua landasan yakni antisipasi arus industrialisasi pasca dioperasikannya jembatan Suramadu dengan upaya menggairahkan iklim investasi dan memberdayakan ekonomi lokal berbasis potensi dan ketersediaan sumberdaya lokal.

Kedua eksplorasi potensi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia melalui pola pendekatan kawasan sehingga menjadi sentra produksi komunitas unggulan (skala prioritas berdasarkan peluang pasar) yang besar dan ketersediaan sumberdaya yang mamadai.

Oleh Masdawi Dahlan

Untuk itulah Kadin Pamekasan telah menyiapkan berbagai rencana strategis, yakni optimalisasi potensi yang dimiliki oleh semua kawasan di Pamekasan. Setidaknya Kadin Pamekasan melihat Pamekasan terbagi menjadi tiga kawasan besar, yakni kawasan Pamekasan utara, tengah dan selatan. Ketiga kawasan ini memiliki potensi yang tersendiri.

Kawasan Pamekasan utara misalnya, di ini Kadin melihat perlunya pengembangan fasilitas melalui motorisasi nelayan, pendirian depot BBM untuk memenuhi kebutuhan nelayan, perlunya pabrik es, penampungan hasil tangkapan ikan nelayan, pabrik tepung ikan dan pabrik penggilingan ikan olahan.

Sementara di wilayah kawasan Pamekasan tengah Kadin melihat bahwa kawasan ini sangat cocok untuk pusat pengembangan agro industri dan home industryDengan rincian pengembangan potensi bidang inti plasma komuditas jagung, peternakan sapi terpadu, industri batik, industri pariwisata, industri perkebunan seperti durian, rambutan, mangga dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk kawasan Pamekasan selatan, Kadin melihat yang paling cocok untuk pengembangan salt and seaweed industrial center, yang meliputi pengembangan mina garam (garam dan perikanan tambak) pengolahan rumput laut dan industri pariwisata atau tourism industrial .

Ketiga kawasan ini memiliki potensi berbeda yang perlu dikembangkan secara terencana terpadu sehingga menjadi sebuah kekuatan ekonomi Pamekasan yang dahsyat. Untuk itu dalam upaya ikut membantu mengoptimalkan dan mengeskploitasi potensi yang dimiliki Pamekasan itu, Kadin berniat untuk membangun kemitraan dengan pemerintah menyumbangkan pemikiran untuk optimalisasi potensi tiga kawasan tersebut.

Sesuai dengan fungsinya sebagai wadah berhimpun dan berkomunikasi antar pengusaha, dan antar pengusaha dengan pemerintah mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah perdagangan perindustrian dan jasa, maka Kadin Pamekasan akan terlibat penuh dalam penyebarluasan informasi mengenai kebijakan pemerintah di bidang ekonomi kepada pengusaha.

Termasuk juga menyalurkan aspirasi dan kepentingan para pengusaha bidang perdagangan, perindustrian dan jasa dalam rangka keikutsertaannya dalam pembangunan di bidang ekonomi. Sehingga nanti akan menjadi gerakan bersama pemberdayaan ekonomi yang maksimal.

Kadin juga akan menyelenggarakan berbagai pelatihan dan kegiatan pembinaan dan pengembangan kemampuan internal pengusaha. Peningkatan hubungan kerjasama yang saling menunjang dan menguntungkan antar pengusaha, termasuk pengembangan keterkaitan antara bidang usaha industri dan bidang usaha ekonomi lainnya.

Dalam kerangka yang lebih luas lagi Kadin Pamekasan juga melirik kerjasama antara pengusaha lokal dengan pengusaha luar negeri seiring dengan kebutuhan pembangunan di bidang ekonomi sesuai dengan tujuan pembangunan nasional. Misalnya mencarikan jalan keluar ekspor berbagai komuditas unggulan daerah Pamekasan.

Untuk itulah promosi potensi yang dimiliki Pamekasan maupun analisa statistik dan pusat informasi usaha yang ada di dalamnya harus dilakukan secara terencana. Dan yang tak kalah pentingnya Kadin Pamekasan akan konsisten mengampanyekan upaya penyeimbangan dan melestarikan alam untuk mencegah timbulnya kerusakan dan pencemaran lingkungan. (adv)

Sumber: Surabaya Post, Kamis, 21 Januari 2010

Label: , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda