Wajah Segar dengan Riasan Terang

Kemahiran Poeng dalam memberikan riasan tidak hanya terlihat pada make-up pengantin yang didandani, tapi juga tecermin di wajahnya sendiri. Usia kepala enam, menurut Poeng, bukan hal tabu baginya untuk menyapukan make-up. Tapi, agar tak terlihat norak, dia memilih warna-warna soft (lembut).

"Orang yang sudah tua sebaiknya menggunakan make-up yang transparan. Karena jika menggunakan warna yang gelap, akan semakin memberikan kesan tua," kata Poeng memberikan tip.

Warna-warna soft, misalnya pink atau merah, menurut Poeng, bagus dipakai untuk kaum evergreen seperti dirinya. Alasannya, warna-warna cerah tersebut jatuh lebih segar di kulit orang tua sehingga memberikan efek lebih muda.

Sebaliknya, pemilihan warna gelap, seperti biru dongker atau hijau, akan menghasilkan kesan berat bagi pemakainya. Dilanjutkan Poeng, warna seperti itu lebih cocok digunakan anak-anak muda.

Warna kulit juga menjadi perhatian Poeng. Untuk kulitnya yang terbilang tidak putih, dia memilih warna oranye yang lembut. Poeng menjelaskan, orang yang berkulit hitam sebaiknya juga tidak memakai warna-warna gelap karena rona muka menjadi tidak terpancar. "Wis ireng, dandane peteng, ya nggak kelihatan nanti," ucapnya.

Poeng mengakui, kesukaannya pada warna terang berpengaruh pada tampilan baju. Dalam setiap kesempatan, Poeng rajin sekali memakai baju berwarna menyala dengan tujuan supaya orang melihat ke arahnya.

"Kalaupun tidak melihat wajah saya, ya segak-gaknya melihat baju saya. Makanya, pakai yang ngejreng biar dilihat orang," tutur wakil sekretaris Yayasan Asma Indonesia Wilayah Jatim itu. "Juga untuk menghindari kelesuan. Kalau pakai baju terang, jadi seger, semangat," imbuhnya.

Pemilihan warna juga berlaku pada penggunaan pensil alis. Poeng tidak memilih pensil warna hitam. Menurut dia, jika dipakai orang seusianya, warna hitam akan memberikan kesan galak. Dia lebih memilih cokelat. "Orangnya biasa, tapi kalau pintar memadupadankan warna, pasti terlihat menawan," tutupnya. (dha/ayi)

Sumber: Jawa Pos, Senin, 03 November 2008

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda